Mantap! IJD Panilan Jaya Jati Mulya Buol 2023 Dapat Atensi Positif Masyarakat

Sejumlah warga di Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah memberi atensi positif kepada Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Tengah (BPJN) Sulteng atas kerja kerasnya membangun ruas jalan di desa Panilan Jaya dan desa Jati Mulya melalui Inpres Jalan Daerah (IJD).

Sejumlah warga di Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah memberi atensi positif kepada Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Tengah (BPJN) Sulteng atas kerja kerasnya membangun ruas jalan di desa Panilan Jaya dan desa Jati Mulya melalui Inpres Jalan Daerah (IJD).

Buol - Sejumlah warga di Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah memberi atensi positif kepada Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Tengah (BPJN) Sulteng atas kerja kerasnya membangun ruas jalan di desa Panilan Jaya dan desa Jati Mulya melalui Inpres Jalan Daerah (IJD).

Keseriusan pemerintah pusat menangani sekaligus membangun ruas jalan di Kecamatan Tiloan yang awalnya berupa jalan biasa dirubah menjadi jalan mulus yang nyaman dilintasi.

" Kami mengapresiasi kinerja pelaksana jalan nasional atau BPJN Sulteng yang tanggap menyikapi keluhan warga terkait perbaikan jalan. " Ujar Tiam Tae'u sapaan akrab Amrin warga Buol, 25/7/2024.

Pembangunan jalan yang menyusuri perkebunan sawit dan lahan pertanian warga memberi dampak ekonomi yang luar biasa bagi penduduk setempat ketika melakukan aktivitas pertanian dan perkebunannya.

Inpres Jalan Daerah yang ditangani langsung oleh salah satu penyedia jasa dari Kota Palu, merubah wajah kedua desa itu menjadi lebih sejahtera dan makmur. Proram ini terbilang sukses karena menghudupkan sentra produksi baru bagibmasyarakat di beberapa Kecamatan disekitarnya, termasuk langkah cepat yang harus diapresiasi sebab memberi manfaat bagi pengguna jalan yang melintas. 

Diketahui memang, permasalahan klasik khsusnya infrastrktur jalan daerah terkendala dari segi pendanaan baik Pemkab maupun Pemprov, namun dengan langkah sigap BPJN Sulawesi Tengah menjawab keterbatasan anggaran melalui penfanaan APBN lewat program Inpres Jalan Daerah tahun 2023.

Balai pelaksana jalan nasional (BPJN) Sulawesi Tengah, lewat PPK 1.2 berhasil memberikan konstribusinya dalam perbaukan infrastruktur jalan di Kabupaten Buol.

Sama'un menuturkan, apa yang dilakukan Balai Jalan Nasional Sulawesi Tengah untuk ruas jalan Panilan Jaya dan Jati Mulya di Kabupaten Buol tahun 2023 adalah wujud keberpihakan pemerintah pusat.  

" Terima Kasih BPJN Sulteng " tutur Sama'un

Sementara warga lainnya berujar pembangunan jalan desa yang di biayai APBN saat ini memberi dampak besar majunya perekonomian masyarakat Buol.

" Dulu sebelum adanya perbaikan, jalan sulit dilalui apalagi di saat musim hujan, tapi sekarang biar di gunung jalannya sudah di aspal dengan sangat baik " ujar Supri di Lomuli 25/7/2024

Berdasarkan hasil penelusuran media ini, 25-26 Juli 2024, sepanjang ruas yang dikerjakan, tampak aktivitas warga berjalan lancar baik yang hendak ke kebun maupun sebaliknya. Liputan: Muh Ilsan

Tags :

bm
Created by: Redaksi